\

Sabtu, 15 April 2017

Silabus

Silabus
Satuan Pendidikan      : SMP N 2  
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas                           : VIII/2
Kompetensi Inti          :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.






2.1 Menunjukkan perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan ativitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Kartesius mengikuti prosedur

2.2 Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui alat peraga

2.3 Menunjukkan perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran dalam melaporkan data pengamatan






3.13 Menemukan peluang empirik dan teoritik dari dataluaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data nyata

4.8 Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta membandingkannya dengan peluang teoritik


Peluang

·         Ruang Sampel
·         Titik Sampel
·         Kejadian
·         Peluang Teoretik Suatu Kejadian

Mengamati
·         Mengamati kejadian, peristiwa ,fenomena maupun situasi yang ada disekitar  yang berkaitan dengan mencari peluang suatu kejadian.

Menanya
·         Menanya tentang definisi ruang sampel, titik sampel dan kejadian
·         Menanya tentang menentukan peluang dari suatu percobaan pelemparan dua dan tiga buah koin
·         Menanya tentang menentukan peluang empirik dari suatu percobaan

Mengumpulkan Informasi
·         Menggali informasi tentang ruang sampel, titik sampel dan kejadian
·         Menggali informasi tentang menentukan banyaknya ruang sampel dari pelemparan dua dan tiga buah koin
·         Menggali informasi tentang menentukan peluang dari suatu percobaan pelemparan dua dan tiga buah koin
·         Menggali informasi mencari peluang dari pelemparan satu dadu, dua dadu dan percobaan lainnya.
·         Menggali informasi mencari peluang empirik dari suatu percobaan
Menganalisis
·         Mengidentifikasi ruang sampel pada suatu percobaan dan kejadian
·         Mengidentifikasi dan menganalisis peluang suatu percobaan atau kejadian yang ada di sekeliling kita.
·         Mengidentifikasi dam menganalisis peluang empirik dari suatu percobaan atau kejadian
Mengkomunikasikan
·         Menyajikan secara tertulis dan lisan hasil diskusi yang telah dilakukan, yakni menentukan ruang sampel dari 3 buah koin
·         Menyajikan hasil diskusi tentang mencari peluang dari pelemparan satu dadu
·         Menjelaskan dan menyimpulkan definisi peluang
·         Menjelaskan dan menyimpulkan antara peluang teoritik dengan peluang empirik dari suatu percobaan atau kejadian.

-          Sikap
Observasi
Mengamati kerja sama antar kelompok saat diskusi, taat dan bertanggung jawab saat mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, dan menyajikan hasil diskusi di depan kelas.
-          Tugas
ü  Tugas terstruktur : mengerjakan latihan soal-soal mencari peluang teoretik suatu percobaan.
ü  Tugas mandiri tidak terstruktur : melakukan percobaan sederhana kemudian menentukan peluang teoretik dari percobaan yang telah dilakukan
-          Portofolio:
Mengumpulkan pekerjaan rumah yang diberikan
Tes :
 Mengerjakan lembar kerja siswa berkaitan dengan peluang teoretik
 2 minggu
( 2 5 jam pelajaran)
Buku teks matematika kelas 8 semester 2 Kemendikbud.

Mengetahui,   
Kepala SMP Negeri 2 Sungailiat


Drs. Amran
NIP. 19680221 198012 1 001           
Palembang,   05  Juni 2015
Guru Mata Pelajaran Matematika


Fatria Anggita
NIP. 19970304 201503 2 003




Tidak ada komentar:

Posting Komentar