Silabus
Satuan Pendidikan : SMP N 2
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas :
VIII/2
Kompetensi Inti :
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
1.Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
||||||||
2.1 Menunjukkan
perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan ativitas di rumah,
sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa grafik
fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Kartesius mengikuti prosedur
2.2 Menunjukkan
perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan
masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan sifat-sifat kubus, balok,
prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui alat peraga
2.3 Menunjukkan
perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran
dalam melaporkan data pengamatan
|
||||||||
3.13 Menemukan
peluang empirik dan teoritik dari dataluaran (output) yang mungkin diperoleh
berdasarkan sekelompok data nyata
4.8 Melakukan
percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta
membandingkannya dengan peluang teoritik
|
Peluang
·
Ruang Sampel
·
Titik Sampel
·
Kejadian
·
Peluang Teoretik Suatu Kejadian
|
Mengamati
·
Mengamati kejadian, peristiwa
,fenomena maupun situasi yang ada disekitar yang berkaitan dengan mencari peluang suatu
kejadian.
Menanya
·
Menanya tentang definisi ruang sampel,
titik sampel dan kejadian
·
Menanya tentang menentukan peluang
dari suatu percobaan pelemparan dua dan tiga buah koin
·
Menanya tentang menentukan peluang
empirik dari suatu percobaan
Mengumpulkan
Informasi
·
Menggali informasi tentang ruang
sampel, titik sampel dan kejadian
·
Menggali informasi tentang menentukan
banyaknya ruang sampel dari pelemparan dua dan tiga buah koin
·
Menggali informasi tentang menentukan
peluang dari suatu percobaan pelemparan dua dan tiga buah koin
·
Menggali informasi mencari peluang
dari pelemparan satu dadu, dua dadu dan percobaan lainnya.
·
Menggali informasi mencari peluang
empirik dari suatu percobaan
Menganalisis
·
Mengidentifikasi ruang sampel pada
suatu percobaan dan kejadian
·
Mengidentifikasi dan menganalisis
peluang suatu percobaan atau kejadian yang ada di sekeliling kita.
·
Mengidentifikasi dam menganalisis
peluang empirik dari suatu percobaan atau kejadian
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil diskusi yang telah dilakukan, yakni menentukan ruang sampel dari 3 buah
koin
·
Menyajikan hasil diskusi tentang
mencari peluang dari pelemparan satu dadu
·
Menjelaskan dan menyimpulkan definisi
peluang
·
Menjelaskan dan menyimpulkan antara
peluang teoritik dengan peluang empirik dari suatu percobaan atau kejadian.
|
-
Sikap
Observasi
Mengamati
kerja sama antar kelompok saat diskusi, taat dan bertanggung jawab saat
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, dan menyajikan hasil diskusi di depan
kelas.
-
Tugas
ü Tugas
terstruktur : mengerjakan latihan soal-soal mencari peluang teoretik suatu
percobaan.
ü
Tugas mandiri tidak terstruktur :
melakukan percobaan sederhana kemudian menentukan peluang teoretik dari
percobaan yang telah dilakukan
-
Portofolio:
Mengumpulkan pekerjaan
rumah yang diberikan
Tes :
Mengerjakan lembar kerja siswa berkaitan
dengan peluang teoretik
|
2 minggu
(
2
|
Buku
teks matematika kelas 8 semester 2 Kemendikbud.
|
|||
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Sungailiat
Drs. Amran
NIP. 19680221 198012 1 001 |
Palembang, 05 Juni 2015
Guru Mata Pelajaran Matematika
Fatria Anggita
NIP. 19970304 201503 2 003 |
|||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar