Nama : Fatria Anggita
Nim: 06081181520005
LKPD Konseptual
Mata
pelajaran : Matematika
Materi : Sistem Persamaan Linear Tiga
Variabel
Kelas/semester
: X/I
Alokasi
waktu : 15 menit
A.
Petunjuk
belajar
1. Cermati
Lembar Kerja Peserta Didik yang diberikan
2. Pahami
petunjuk serta langkah-langkah aktivitas pada Lembar Kerja
3. Ikuti
langkah-langkah pada Lembar Kerja lalu diskusikan bersama kelompokmu, apa saja aktivitas
yang telah dilakukan.
4. Buatlah
kesimpulan dari hasil pekerjaan kalian
B.
Kompetensi
Dasar
3.3 Menyusun sistem
persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual
C.
Indikator
3.3.1 Siswa dapat menjelaskan
definisi sistem persamaan linear tiga variabel
3.3.2
Siswa
dapat menuliskan model matematika dari sistem persamaan linear tiga variabel
yang terdapat pada soal cerita.
D. Informasi Pendukung
Materi
Prasyarat : Persamaan linear, persamaan linear satu variabel, persamaan linear
dua variabel, sistem persamaan linear, himpunan penyelesaian persamaan linear
ü Variabel adalah lambang pengganti suatu bilangan yang belum
diketahui nilainya dengan jelas. Variabel biasanya disebut juga peubah.
ü Konstanta adalah suku dari suatu bentuk aljabar yang berupa
bilangan dan tidak memuat variabel
ü Koefisien pada bentuk aljabar adalah faktor konstanta dari suatu
suku pada bentuk aljabar
ü Suku adalah variabel beserta koefisiennya atau konstanta pada
bentuk aljabar yang dipisahkan oleh operasi jumlah atau selisih.
Persamaan
linear satu variabel adalah persamaan berbentuk ax + b = 0 dengan
a, b ∈
R dan a ≠ 0, dan x : variabel real a : koefisien x
b : konstanta
Persamaan
linear dua variabel adalah persamaan berbentuk ax + by + c = 0
dengan a, b, c ∈
R, a dan b tidak keduanya nol, dimana x,y: variabel
real a : koefisien x b : koefisien y c : konstanta.
Sistem
persamaan linear adalah himpunan beberapa persamaan linear yang saling terkait,
dengan koefisien-koefisien persamaan adalah bilangan real.
Misalkan
a, b, dan c bilangan real dan a, b keduanya
tidak nol. Himpunan penyelesaian persamaan linear ax + by = c adalah
himpunan semua pasangan (x, y) yang memenuhi persamaan linear
tersebut.
E. Tugas/Aktivitas
1. Perhatikan
masalah berikut yang sering terjadi di lingkungan sekitar kita.
Seorang
penjual beras, mencampur tiga jenis beras. Campuran beras pertama terdiri atas
1 kg jenis A, 2 kg jenis B, dan 3 kg jenis C dijual dengan
harga Rp19.500,00. Campuran beras kedua terdiri atas 2 kg jenis A dan 3
kg jenis B dijual dengan harga Rp 19.000,00. Campuran beras ketiga
terdiri atas 1 kg jenis B dan 1 kg jenis C dijual dengan harga Rp
6250,00. Harga beras jenis mana yang paling mahal?
a. Dari
permasalahan di atas, informasi apa yang kalian dapatkan? (diskusikan dengan
kelompokmu dan tuliskan informasi yang kalian dapatkan di kotak ini)
b. Bagaimana kamu menggunakan
variabel untuk menyatakan jenis
beras dan hubungannya dengan harga pada
setiap jenis beras? (Diskusikan dengan kelompokmu dan tuliskan hasil diskusimu
di kotak ini )
c. Tuliskan
model matematika dari permasalahan tersebut
2. Setelah kalian menuliskan model
matematika dari permasalahan tersebut, coba kalian diskusikan
a. Apakah
model tersebut membentuk sebuah persamaan ? Jelaskan!
b. Apakah persamaan
tersebut membentuk sebuah sistem? Jelaskan!
c. Ada
berapakah variabel yang digunakan dari model matematika yang telah kalian
tulis? Tuliskan variabel yang kalian gunakan!
d. Apakah
model matematika tersebut membentuk Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel?
Jelaskan !
3. Berdasarkan kegiatan
yang telah kalian lakukan, menurut pendapat kalian apa yang dimaksud dengan
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel? Dan bagaimana bentuk umum dari Sistem
Persamaan Linear Tiga Variabel?a.. Kesimpulan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar