\

Selasa, 02 Mei 2017

Model TGT

Berikut ini merupakan video peerteaching saya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team Games Tournamen (TGT)...
Selamat Menyaksikan


Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments (TGT)
TeamsGamesTounaments (TGT) merupakan bagian dari pembelajaran kooperatif
yang menggabungkan kelompok belajar dengan kompetisi kelompok, dan bisa
digunakan untuk meningkatkan pembelajaran beragam fakta, materi pokok atau
keterampilan. TGT menggunakan pertandingan atau kompetisi akademik, di mana para
perwakilan peserta didik yang memiliki kemampuan akademis yang sama dari setiap
kelompok akan saling berkompetisi Dalam TGT keberhasilan lebih diorientasikan
pada keberhasilan kelompok dari pada keberhasilan individu.
Menurut Slavin (1995: 84-86) tahapan dalam TGT yang perlu ikan adalah :
1. Presentasi Kelas
Dalam presentasi guru atau dosen memyampaikan materi pembelajaran secara garis
besarnya saja. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan kondisi peserta didik dalam
mengikuti pembelajaran.
2. Belajar Kelompok
Kelompok terdiri atas empat sampai lima orang yang heterogen misalnya akademik
dan jenis kelamin, jika memungkinkan suku, ras atau kelas sosial. Belajar kelompok
bertujuan untuk semua anggota mempersiapkan diri untuk mengikuti game dan
turnamen dengan sebaiknya. Diharapkan tiap anggota kelompok melakukan
hal yang terbaik bagi kelompoknya dan adanya usaha kelompok untuk membantu anggo
ta -anggota kelompoknya sehingga dapat meningkatkan kemampuan akademik dan
menumbuhkan pentingnya kerjasama diantara peserta didik serta meningkatkan rasa
percaya diri peserta didik.
3. Game (Permainan)
Permainan (game) dibuat dengan isi pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui
pengetahuan dan pemahaman peserta didik setelah presentasi kelas dan belajar
kelompok.Ketika pelaksanaan game peserta didik mengambil kartu bernomor dan
berusaha untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan nomor. Aturan dalam game
Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2008 2 - 250
membolehkan setiap peserta game untuk merebutpertanyaan yang tidak dapat dijawab
ataupun pertanyaan yang dapat dijawab namun masih belum benar dari pemain.
4. Tournament (kompetisi)
Turnamen (kompetisi) biasanya diselenggarakan akhir minggu, setelah guru melakukan
presentasi kelas dan kelompok-kelompok mempraktikan tugas-tugasnya.
Untuk turnamen pertama guru atau dosen memberikan peserta didik permainan mejatiga
, peserta didik dengan kemampuan tertinggi di meja 1, meja 2, dan seterusnya.
Kompetisi ini merupakan sistem penilaian kemampuan perorangan dalam TGT, memun
gkinkan bagi peserta didik dari semua level di penampilan sebelumnya untuk memaksi
malkan nilai kelompok mereka menjadi yag terbaik.
5. Penghargaan Kelompok
Setelah mengikuti game dan turnamen, setiap kelompok akan memperoleh poin.Ratarata
poin kelompok yang diperoleh dari game dan turnamen akan digunakan sebagai
penentu penghargaan kelompok. Apabila rata-rata poin kelompok yang diperoleh telah
melewati kriteria yang ditentukan maka kelompok tersebut berhak memperoleh
penghargaan. Penghargaan kelompok dapat berupa hadiah, sertifikat, dan sebagainya.




1 komentar:

  1. Nice sekali, apalgi ditambah penjelasan yang sudah sangat jelas. Terima kasih fatria

    BalasHapus