ALAT PERAGA
A. Pengertian Alat Peraga
Berikut merupakan beberapa pengertian alat peraga menurut beberapa ahli:
1. Sudjana, 2009, Pengertian Alat Peraga Pendidikan adalah suatu alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga dengan tujuan membantu gutu agar proses belajar mengajar siswa lebih efektif dan efisien.
2. Faizal, 2010, mendefinisikan Alat Peraga Pendidikan sebagai instrumen audio maupun visual yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan membangkitkan minat siswa dalam mendalami suatu materi.
3. Wijaya dan Rusyan, 1994 yang dimaksud Alat Peraga Pendidikan adalah Media Pendidikan berperan sebagai perangsang belajar dan dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga siswa tidak menjadi bosan dalam meraih tujuan-tujuan belajar.
4. Sumad, 1972 mengemukakan bahwa alat peraga atau AVA adalah alat untuk memberikan pelajaran atau yang dapat diamati melalui panca indera. Alat peraga merupakan salah satu dari media pendidikan adalah alat untuk membantu proses belajar mengajar agar proses komunikasi dapat berhasil dengan baik dan efisien.
5. Amir Hamzah, 1981 bahwa Alat Peraga Pendidikan adalah alat-alat yang dapat dilihat dan didengar untuk membuat cara berkomunikasi menjadi efektif.
Berdasarkan pengertian-pengertian yang telah disebutkan di atas maka dapat disimpulkan bahwa alat peraga adalah media pembelajaran yang dapat membantu dalam proses belajar mengajar agar komunikasi antara siswa dan guru dapat terjadi secara baik dan efektif dan juga bisa membuat siswa menjadi tertarik dan tidak bosan untuk belajar.
B. Tujuan Alat Peraga
Tujuan diciptakannya alat peraga matematika adalah untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep materi matematika. sebagaimana kita ketahui bahwa materi matematika umumnya sulit untuk dipahami oleh peserta didik. dan kebanyakan peserta didik tidak menyukai pembelajaran matematika. Karena mereka sudah menanamkan bibit dalam benak mereka bahwa matematika itu pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan. Maka dari itu diciptakan alat peraga sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Dan diharapkan peserta didik dapat tertarik untuk memahami materi matematika dan peserta didik dapat memperoleh nilai matematika yang lebih baik.
C. Fungsi Alat Peraga Matematika
Secara umum fungsi alat peraga matematika adalah:
- sebagai media menanamkan konsep-konsep matematika
- sebagai media dalam pemahaman konsep
- sebagai media untuk menunjukkan hubungan antara konsep matematika dengan dunia di sekitar kita serta aplikasi konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Selain yang telah disebutkan di atas terdapat beberapa fungsi atau manfaat dari alat peraga matematika diantaranya adalah:
1. membuat siswa mudah memahami konsep matematika
2. menimbulkan minat dan semangat peserta didik dalam belajar matematika
3. membantu mengatasi kesulitan dalam belajar matematika
4. mempermudah dalam penyampaian materi matematika yang umumnya bersifat abstrak
5. mempermidah penerimaan informasi oleh peserta didik.
D. Peranan Alat Peraga Matematika
Menurut kurikulum (Anonim,1991 : 26), peranan alat peraga matematika disebutkan sebagai berikut:
1. Alat peraga dapat membuat pendidikan lebih efektif dengan jalan meningkatkan semangat belajar siswa.
2. Alat Peraga memungkinkan lebih sesuai dengan perorangan dimana para siswa belajar dengan banyak kemungkinan sehingga belajar berlangsung sangat menyenangkan bagi masing-masing individu.
3. Alat peraga memungkinkan belajar lebih cepat segera bersesuaian antara kelas dan di luar kelas
4. Alat peraga memungkinkan mengajar lebih sistematis dan teratur.
Alat peraga yang digunakan hendaknya memiliki karakteristik tertentu. Ruseffendi (dalam darhim, 1986 : 14) menyatakan bahwa alat peraga yang digunakan memiliku sifat sebagai berikut:
1. tahan lama
2. bentuk dan warnanya menarik
3. sederhana dan mudah dikelola
4. ukurannya sesuai (seimbang) dengan ukuran fisik anak
5. dapat mengajikan konsep matematika (tidak mempersulit pemahaman)
6. sesuai dengan konsep pembelajaran
7. dapat memperjelas konsep
8. peragaan ini supaya menjadi dasar bagi tumbuhnya konsep berpikir yang abstrak bagi siswa.
4. Sumad, 1972 mengemukakan bahwa alat peraga atau AVA adalah alat untuk memberikan pelajaran atau yang dapat diamati melalui panca indera. Alat peraga merupakan salah satu dari media pendidikan adalah alat untuk membantu proses belajar mengajar agar proses komunikasi dapat berhasil dengan baik dan efisien.
5. Amir Hamzah, 1981 bahwa Alat Peraga Pendidikan adalah alat-alat yang dapat dilihat dan didengar untuk membuat cara berkomunikasi menjadi efektif.
Berdasarkan pengertian-pengertian yang telah disebutkan di atas maka dapat disimpulkan bahwa alat peraga adalah media pembelajaran yang dapat membantu dalam proses belajar mengajar agar komunikasi antara siswa dan guru dapat terjadi secara baik dan efektif dan juga bisa membuat siswa menjadi tertarik dan tidak bosan untuk belajar.
B. Tujuan Alat Peraga
Tujuan diciptakannya alat peraga matematika adalah untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep materi matematika. sebagaimana kita ketahui bahwa materi matematika umumnya sulit untuk dipahami oleh peserta didik. dan kebanyakan peserta didik tidak menyukai pembelajaran matematika. Karena mereka sudah menanamkan bibit dalam benak mereka bahwa matematika itu pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan. Maka dari itu diciptakan alat peraga sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Dan diharapkan peserta didik dapat tertarik untuk memahami materi matematika dan peserta didik dapat memperoleh nilai matematika yang lebih baik.
C. Fungsi Alat Peraga Matematika
Secara umum fungsi alat peraga matematika adalah:
- sebagai media menanamkan konsep-konsep matematika
- sebagai media dalam pemahaman konsep
- sebagai media untuk menunjukkan hubungan antara konsep matematika dengan dunia di sekitar kita serta aplikasi konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Selain yang telah disebutkan di atas terdapat beberapa fungsi atau manfaat dari alat peraga matematika diantaranya adalah:
1. membuat siswa mudah memahami konsep matematika
2. menimbulkan minat dan semangat peserta didik dalam belajar matematika
3. membantu mengatasi kesulitan dalam belajar matematika
4. mempermudah dalam penyampaian materi matematika yang umumnya bersifat abstrak
5. mempermidah penerimaan informasi oleh peserta didik.
D. Peranan Alat Peraga Matematika
Menurut kurikulum (Anonim,1991 : 26), peranan alat peraga matematika disebutkan sebagai berikut:
1. Alat peraga dapat membuat pendidikan lebih efektif dengan jalan meningkatkan semangat belajar siswa.
2. Alat Peraga memungkinkan lebih sesuai dengan perorangan dimana para siswa belajar dengan banyak kemungkinan sehingga belajar berlangsung sangat menyenangkan bagi masing-masing individu.
3. Alat peraga memungkinkan belajar lebih cepat segera bersesuaian antara kelas dan di luar kelas
4. Alat peraga memungkinkan mengajar lebih sistematis dan teratur.
Alat peraga yang digunakan hendaknya memiliki karakteristik tertentu. Ruseffendi (dalam darhim, 1986 : 14) menyatakan bahwa alat peraga yang digunakan memiliku sifat sebagai berikut:
1. tahan lama
2. bentuk dan warnanya menarik
3. sederhana dan mudah dikelola
4. ukurannya sesuai (seimbang) dengan ukuran fisik anak
5. dapat mengajikan konsep matematika (tidak mempersulit pemahaman)
6. sesuai dengan konsep pembelajaran
7. dapat memperjelas konsep
8. peragaan ini supaya menjadi dasar bagi tumbuhnya konsep berpikir yang abstrak bagi siswa.
Trimakasih infonya Anggi, blognya bermanfaat skali Dan menarik ..ditunggu blog selanjutnya:)
BalasHapusTrimakasih infonya Anggi, blognya bermanfaat skali Dan menarik ..ditunggu blog selanjutnya:)
BalasHapusblognya tersusun dengan rapii..
BalasHapusjadi enak lihatnya.
good job, gi.. hee 😀